Senin, 11 Juni 2018

Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat Email dan Pos

Contoh Surat Lamaran Kerja - Mendapat pekerjaan impian tentu merupakan sebuah kebahagiaan yang diinginkan oleh setiap orang. Dalam proses memperoleh pekerjaan impian tersebut kita harus melewati beberapa tahapan hingga sampai pada akhirnya dapat memperoleh pekerjaan impian tersebut. Dalam hal ini tahapan pertama yang harus kita lalui adalah melamar pekerjaan. Dalam melamar pekerjaan kita membutuhkan surat untuk melamar kerja yang mana surat tersebut berisi tentang ketertarikan, keinginan mendapatkan pekerjaan dan juga informasi tentang diri kita untuk memperoleh pekerjaan yang akan kita lamar.

Surat lamaran kerja sudah tentu berisi dokumen pelengkap tentang data diri seseorang baik itu adalah sebuah curriculum vitae, transkip nilai dan juga ijasah serta pasfoto. Surat lamaran kerja yang baik adalah surat lamaran dibuat berdasarkan kebenaran bahwa yang bersangkutan memberikan informasi diri yang akurat dan jujur. Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik diperlukan bahasa yang sopan dan benar dalam penulisannya sesuai dengan EYD. Tidak hanya itu, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja baik surat lamaran yang dikirim lewat pos ataupun email. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja baik yang bisa dipakai untuk melamar lewat email ataupun pos.

Beberapa perbedaan antara menulis surat lamaran kerja melalui email dan tulis tangan dalam pengiriman lamaran lewat pos:
  1. Dalam menulis surat lamaran kerja lewat email kita tidak perlu menulis secara bertele-tele dan panjang lebar mengenai siapa diri kita. Karena dalam CV sudah terrangkum jelas data diri kita dengan jelas serta bagian HRD biasanya akan cepat dalam membaca email lamaran kerja mengingat julah email yang masuk bukanlah sedikit.
  2. Lain halnya dengan menulis surat lamaran menggunakan tulisan tangan, dalam menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan kita bisa menjelaskan secara detail tentang diri kita. Misalnya pada bagian data diri seperti: nama, alamat, alamat email, umur serta no telepon juga pendidikan terakhir seperti halnya dalam CV.

Contoh-contoh surat lamaran kerja yang ditulis tangan atau dikirim melalui pos

 

Contoh surat lamaran kerja 1

 

Bekasi, 21 Juni 2010

Yth. Ka Bagian Personalia
PT. Sumber Daya
Jl. Ki. Hajar Dewantara X No. 15
Cikarang, Jawa Barat

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:
nama               : Sri Muryati
umur                : 23 tahun
jenis kelamin    : Perempuan
pendidikan       : S1 Management Universitas Pelita Harapan
alamat              : Jl. Kusuma Bangsa XX No. 19 RT 001/ RW 002, Cikarang Barat Kab. Bekasi 
no HP              : 085217372521
email                : srimuryati[at]yahoo.com
bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :
  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi ijasah terakhir
  3. Fotokopi transkip nilai
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi SKCK
  6. Fotokopi kartu kuning
  7. Fotokopi surat keterangan sehat
  8. Fotokopi sertifikat pelatihan
  9. Pas foto terbaru
Besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mengabulkan permohonan ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Sri Muryati

 

Contoh surat lamaran kerja 2

 

Jakarta, 23 Agustus 2016

Yth. Bapak/Ibu Ka. Personalia
PT. AJB Bumiputera 1912
Gd Bumuputera lt. 1
Jl. HOS Cokroaminoto 85 Menteng
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini:
nama            : Dian Ardiana
umur             : 24 tahun
pendidikan    : S1 Akutansi
alamat           : Perum. Bumi Duta Jaya Blok QR9 No. 10 RT 007 / RW 018, Jakarta Barat
no. HP          : 081713921972
email             : ardianadi[at]gmail.com
bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di tempat yang Bapak/Ibu pimpin.

Ketertarikan saya terdorong karena saya memiliki semangat belajar tinggi untuk mempelajari hal-hal baru dan berkembang, dapat bekerjasama dalam team serta terbiasa bekerja dibawah tekanan / deadline. Saya merasa senang jika diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuan saya dalam bekerja di PT. AJB Bumiputera 1912.

Sebagai pelengkap persyaratan bersama ini saya lampirkan:
  1. Curriculum Vitae
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Surat Keterangan Lulus
  4. Fotokopi transkip nilai
  5. Pas foto terbaru
Besar harapan saya agar Bapak-Ibu dapat mengabulkan permohonan ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Dian Ardiana

 

Contoh surat lamaran kerja 3

 

Bogor, 30 September 2016

Yth. Kepala Bagian Personalia
PT. Global Indo Perkasa
Jl. Ahmad Yani Raya No. 55A
Bogor

Dengar hormat,

     Sehubungan dengan iklan yang dibuat dan dimuat pada surat kabar Radar Bogor, 5 September 2016 tentang lowongan kerja sebagai Administrasi Gudang, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :
nama                 : Dimas Triaji Pamungkas
umur                  : 21 tahun
pendidikan         : Sarjana Adminstrasi (D3) Kampus BSI
alamat                : Jl. Sriwijaya Raya No XX Bogor
email                  : dimastri[at]yahoo.co.id
no telepon/HP    : (0251) 73628354 / 085221375189
bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut.

     Saya mampu berbahasa Inggris dan Mandarin dengan baik, mengaplikasikan komputer, independen, jujur dan mau bekerja keras. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :
  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi ijasah pendidikan terakhir
  3. Fotokopi transkip nilai
  4. Fotokopi sertifikat pelatihan bahasa Inggris
  5. Fotokopi sertifikat pelatihan bahasa Mandarin
  6. Fotokopi sertifikat pelatihan computer Ms. Office
  7. Fotokopi KTP
  8. Pas foto ukuran 4x6 cm
      Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Dimas Triaji Pamungkas

Contoh-contoh surat lamaran kerja via email

 

Contoh surat lamaran kerja 1

 

To           : jayamotor[at]cvmarks.com
CC          : -
Subject    : Marketing

Dear Bapak/Ibu CV. Jaya Motor

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari koran Poskota, Senin, 25 Februari 2013, bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan kariyawan di bidang Marketing, maka saya yang bertandatangan di bawah ini:
nama            : Jaya Dwiandra
umur             : 21 tahun
pendidikan    : SMK / Otomotif
alamat           : Kp. Pulo Gebang Barat Jl. Kyai Tapa 9 No 12, Cakung, Jakarta Timur
No. HP         : 08123527591
bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Ketertarikan saya terdorong karena saya merasa memiliki kemampuan untuk berkerja sebagai jobdesk tersebut. Saya memiliki semangat belajar tinggi untuk mempelajari hal-hal baru, dapat bekerjasama dalam team dan terbiasa bekerja dibawah tekanan / deadline.

Saya merasa senang jika diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuan saya di perusahaan yang Bapak-Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak-Ibu, bersama ini saya lampirkan CV saya dalam bentuk attachment.

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat mengabulkan permohonan ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Jaya Dwiandra

 

 Contoh surat lamaran kerja 2

 

To           : recruitment[at]pipes.co.id
CC          : -
Subject    : Purcashing

Dear Bapak/Ibu Kepala HRD Pipes Inc.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website Pipes Inc. membutuhkan tenaga profesional sebagai staff Purcashing untuk itu bersama ini saya lampirkan CV dan transkip nilai saya (attachment) sebagai bahan pertimbangan.

Jika Bapak/Ibu memberi kesempatan kepada saya untuk memperkenalkan diri saya lebih jauh, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya melalui email ini atau no handphone 0811762461. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nina Jiwania

Demikianlah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda gunakan dalam menulis surat lamaran kerja. Semoga banyak membantu dan segera mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

0 komentar

Posting Komentar